Merdi Sihombing Bawa Budaya Batak Lewat Koleksi Ulos Sitolu Huta di Paypal Melbourne Fashion Festival 2023

Merdi Sihombing Bawa Budaya Batak Lewat Koleksi Ulos Sitolu Huta di Paypal Melbourne Fashion Festival 2023

Merdi Sihombing menampilkan karya terbaru yang diangkat dari kekayaan budaya Indonesia.

Kali ini ia menonjolkan budaya Batak dengan koleksi “Ulos Sitolu Huta”, di Global Indigenous Runway 2023, pagelaran fashion independen yang merupakan bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023, Sabtu 11 Maret 2023.

Merdy juga didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Global Indigenous Runway memperingati tahun kesepuluh sebagai bagian dari PAYPAL Melbourne Fashion Festival 2023 di Mt Duneed Estate di Waurn Ponds, Melbourne, Australia.

Sembilan desainer Bangsa Pertama dari Australia dan seluruh dunia ditampilkan pada runway.

Acaranya unik, di mana terdapat penggabungan musik, tarian, dan cerita dari First Nation (Suku Bangsa Pertama) dengan fashion.

Orang-orang Suku Bangsa Pertama yang menghabiskan satu minggu penuh di kamp pelatihan sebelumnya belum pernah menjadi model di panggung fashion, terdiri dari jajaran kelompok model dari berbagai suku bangsa pertama mulai dari mereka yang masih remaja, dewasa, transgender, non-biner, dan ukuran plus yang beragam ini.

Dan untuk pertama kalinya perancang busana Indonesia Merdi Sihombing mewakili pemerintah Republik Indonesia.

Menelusuri Cerita dan Motif Songket Canduang Minangkabau yang Bersejarah di Taman Budaya Sumbar Melalui koleksi “Ulos Sitolu Huta”, Merdi kembali menampilkan inovasi yang menakjubkan dari sebuah proses tenun konvensional menjadi desain fashion modern yang menggabungkan pola ulos tradisional yang unik dan pewarnaan alam dengan pemikiran gaya hidup kekinian.

Koleksi ini terasa segar dan dinamis, menampilkan koleksi lengkap mulai dari busana untuk acara santai sampai dengan busana kerja formal.

Selain itu, koleksi ini tidak hanya menawarkan konsep yang baru, tetapi juga ringan, dan yang terpenting dapat digunakan oleh semua generasi di berbagai kesempatan.

Merdi Sihombing mengatakan ulos merupakan lambang keberkahan, kasih sayang, dan persatuan.

“Sesuai dengan peribahasa Batak Ijuk pangihot ni hodong, Ulos pangihot ni holong, yang artinya jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batang, maka ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama”, kata Merdi dalam keterangan pers yang diterima Tempo, Senin 20 Maret 2023.

Tips Mencuci Kain Tenun agar Tak Mudah Pudar CEO Global Indigenous Management, Tina Waru menambahkan, koleksi Merdi Sihombing “Ulos Sitolu Huta” yang dipamerkan dalam Indigenous Global Runway 2023 Melbourne Fashion Festival 2023 sukses besar.

Merdi memamerkan perayaan warna, tekstur, dan fashion mewah yang spektakuler.

“Busana Merdi menciptakan gebrakan dan membuat para penggila fashion, yang berkesempatan untuk menyaksikan langsung pagelaran Merdi, tertegun.

Merupakan suatu kehormatan untuk menampilkan Merdi Sihombing di platform kami dengan semangat kreatifnya, yang menerjemahkan budaya ke dalam desain fashion yang cerdik yang memiliki sentuhan kecerdasan bisnis.

Tidak diragukan lagi, figur fashion terkemuka yang mewakili Indonesia ini, akan terus mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri fashion di Australia,” ujarnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Hilmar Farid mengatakan Merdi Sihombing telah membuktikan bahwa masa depan busana ada pada sustainable fashion yang bertumpu pada kekayaan budaya tradisional dan keterlibatan komunitas setempat.

“Upayanya mengangkat tenun Ulos sebagai bagian dari percakapan busana kontemporer yang berkelanjutan telah terbukti dari rekam jejaknya yang panjang.

Ia mengunjungi masyarakat pengrajin di kampung-kampung di Sumatera Utara dan memberdayakan mereka dalam serangkaian kerja padat karya berbasis potensi lokal.

Pagelaran ini adalah cerminan dari komitmennya bagi busana berkelanjutan yang berperspektif kebudayaan,” kata Hilmar Farid.

Merdi Sihombing dikenal sebagai desainer yang mengolah tekstil tradisional dan pewarnaan alami menjadi busana-busana dan kain-kain siap pakai.

Penjelajahannya di bidang fashion, tekstil, dan aksesoris dimulai dengan perjalanannya di Bunka ketika Merdi mempelajari Fashion Science, kemudian dilanjutkan dengan pendidikan Fashion Design di ESMOD, dan Fine Arts Textile Handicraft di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Hingga saat ini, Merdi terus menciptakan karya-karya yang terinspirasi dari dan dibuat bersama-sama dengan berbagai masyarakat adat di seluruh Indonesia.

Pilihan editor: Perancang Busana Merdi Sihombing dan Misi Busana Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *