Marketing Komunikasi Untuk Tetap Mempertahankan Pelanggan Lama

Marketing Komunikasi Untuk Tetap Mempertahankan Pelanggan Lama

Kegiatan marketing yang dilakukan di perusahaan mempunyai cara yang berbeda dan dapat dilakukan sesuai dengan tujuan yang dipunyai. Seperti tujuan marketing umumnya bisa membangun brand awareness, dapat menjaring konsumen baru, memperkenalkan produk baru, serta juga tetap mempertahankan pelanggan lama. Berbagai hal tersebut tentunya bisa dilakukan dengan marketing komunikasi dengan tujuannya agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Salah satu tujuan yang bisa dipunyai dalam marketing adalah bisa mempertahankan pelanggan lama. Di mana pengertian mengenai pelanggan lama adalah konsumen yang sudah menjadi klien yang melakukan pembelian dan penggunaan jasa secara berulang. Sehingga pada umumnya pelanggan lama ini mempunyai pengetahuan mengenai produk lebih baik serta mempunyai pengalaman dalam menggunakan produk juga lebih lama yang membuat terjalinnya hubungan bisnis dalam jangka panjang.

Pelanggan lama perlu diperhatikan di dalam bisnis sehingga bisa terus loyal untuk menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan. Bahkan pelanggan lama juga bisa menjadi kekuatan marketing bisnis karena merekomendasikannya ke orang lain yang bermanfaat untuk kemajuan dan perkembangan bisnis. Komunikasi pemasaran yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama tersebut misalnya dengan langkah berikut ini :

Marketing Komunikasi Untuk Tetap Mempertahankan Pelanggan Lama

  1. Program loyalitas

Cara marketing komunikasi pertama yang bisa digunakan untuk mempertahankan pelanggan lama adalah dengan mengadakan program loyalitas. Ketika melakukan program atau promosi bisa disesuaikan dengan tujuan. Seperti untuk menarik pelanggan baru atau untuk pelanggan lama. Di mana untuk program loyalitas menyasar pada pelanggan lama yang sudah menggunakan jasa dan produk dalam waktu yang panjang. Program loyalitas ini bisa memberikan penghargaan akan loyalitas yang diberikan karena menjadi pelanggan yang setia. Jenis program loyalitas ini juga beragam seperti mendapatkan poin, diskon eksklusif yang diberikan untuk pelanggan lama, hingga bisa mendapatkan hadiah khusus yang hanya bisa didapatkan oleh pelanggan setia.

  1. Rutin berkomunikasi

Cara selanjutnya yang bisa diberikan untuk bisa mempertahankan loyalitas dari pelanggan lama adalah dengan rutin untuk berkomunikasi. Pilih jenis marketing yang cocok untuk pelanggan lama seperti misalnya email, buletin, dan juga newsletter rutin yang memberikan informasi mengenai diskon, penawaran terbaru, serta pembaruan bisnis yang dipunyai. Cara rutin berkomunikasi ini akan bisa membuat hubungan menjadi lebih erat dan juga menjadikan pelanggan lama terus tertarik pada bisnis dan menggunakan jasa dan produk yang ditawarkan.

  1. Pelayanan yang terbaik

Pelayanan yang akan diterima oleh konsumen merupakan hal penting sekaligus faktor yang digunakan oleh konsumen dalam menggunakan barang dan jasa. Sehingga marketing terbaik yang bisa digunakan adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Utamanya ketika konsumen tersebut sudah menggunakan barang dan jasa secara berulang sehingga bisa menjadi pelanggan yang loyal. Maka hal tersebut juga perlu kesadaran bisnis untuk bisa memberikan pelayanan yang standar tinggi atau superior pada pelanggan lama tersebut. Bisnis perlu memberikan pelayanan yang responsif, ramah, dan juga bisa untuk membantu pelanggan dalam menemukan solusi yang dihadapi. Dengan menciptakan pengalaman yang positif tersebut maka bisa meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan lama akan bisnis dan tetap memilih produk dan jasa yang ditawarkan.

  1. Personalisasi pengalaman yang diberikan pada pelanggan lama

Sebagai pelanggan lama tentunya sudah terjalin hubungan yang baik dengan bisnis. Sehingga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan lama tersebut, salah satu komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah dengan personalisasi pengalaman yang didapatkan pelanggan. Seperti dengan merekomendasikan barang sesuai kebutuhan, dapat memberikan hadiah saat ulang tahun, mengingat preferensi yang dipunyai sehingga merasa dihargai, dan juga berbagai cara lainnya yang akan membuat hubungan lebih baik dan bisa memilih barang dan jasa yang ditawarkan dalam jangka panjang karena mempunyai hubungan yang lebih dalam.

Dengan melakukan marketing komunikasi untuk pelanggan lama tersebut maka bisa mempertahankan loyalitas dari pelanggan yang sudah setia menjadi konsumen bisnis Anda. Perhatikan cara marketing lainnya yang sesuai dengan tujuan yang dipunyai dengan mengikuti kelas pelatihan marketing di Prasmul-ELI. Sehingga berkat pelatihan kursus tersebut bisa membuat peserta beradaptasi dan selalu berinovasi untuk melakukan komunikasi pemasaran terbaik yang bisa untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang marketing komunikasi Anda bisa cek di halaman ini!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *