Gejala dan Tanda Awal Kanker Ovarium yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala dan Tanda Awal Kanker Ovarium yang Tidak Boleh Diabaikan

Ovarium adalah kelenjar kecil berbentuk oval yang terletak di kedua sisi rahim.

Organ ini memproduksi dan menyimpan sel telur dan membuat hormon yang mengontrol siklus menstruasi serta kehamilan.

Mengutip paparan para ginekolog pada laman Times of India, kanker ovarium terjadi akibat pertumbuhan sel secara cepat dan dapat menyerang jaringan tubuh yang sehat.

Kanker ovarium stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, yang dapat menyebabkan diagnosis tidak terjawab.

Hindari Memasak dengan Suhu Tinggi, Risiko Kanker Mengintai Namun, ada beberapa gejala atau tanda peringatan dini yang tidak boleh diabaikan, yakni: Gejala lain yang mungkin muncul karena kanker menyebar atau memengaruhi sistem tubuh lainnya.

Ini termasuk: Penting untuk diketahui bahwa memiliki satu atau lebih dari gejala ini tidak selalu berarti seseorang menderita kanker ovarium.

Namun, jika mengalami salah satu dari gejala ini secara terus-menerus selama lebih dari beberapa minggu, penting untuk menemui dokter.

Deteksi dini dan pengobatan kanker ovarium dapat sangat meningkatkan peluang keberhasilan pengobatan dan kelangsungan hidup.

Shinta Kamdani Terpilih Jadi Ketua Umum APINDO 2023-2028: Kepercayaan dan Tanggung Jawab Besar Kanker ovarium dapat terjadi pada perempuan dari segala usia, namun risiko berkembangnya kanker ovarium meningkat seiring bertambahnya usia (55 tahun atau lebih).

Kasus kanker ovarium juga bervariasi berdasarkan beberapa faktor lain, termasuk riwayat keluarga kanker ovarium atau kanker payudara, mutasi genetik tertentu, dan penggunaan terapi penggantian hormon.

Perempuan dengan riwayat keluarga kanker ovarium atau payudara atau mereka yang membawa mutasi genetik tertentu mungkin berisiko lebih tinggi terkena kanker ovarium, bahkan pada usia yang lebih muda.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena kanker ovarium, banyak perempuan yang didiagnosis menderita kanker ovarium tidak memiliki faktor risiko yang diketahui.

HATTA MUARABAGJA Pilihan Editor: Kelompok Orang yang Rentan Mengalami Kanker Ovarium

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *