8 Dampak Buruk Alkohol pada Wajah dan Kulit

8 Dampak Buruk Alkohol pada Wajah dan Kulit

Minum alkohol bersama teman atau makan malam sambil menyesap segelas anggur merah bukanlah hal yang memalukan, terutama jika itu membuat Anda bahagia dan memicu hubungan sosial.

Namun pada saat yang sama, alkohol secara teknis tidak sehat untuk tubuh Anda, itulah sebabnya kulit Anda tidak terlihat bagus keesokan harinya.

Dampak alkohol pada kulit tidak sesederhana yang Anda bayangkan.

Apa yang ada dalam minuman Anda, bagaimana Anda menghabiskan malam Anda, dan bahkan bagaimana alkohol membuat Anda merasa semuanya berkontribusi pada apa yang terjadi pada kulit Anda dan bagaimana tampilannya di pagi hari.

2 Trik Reapply Sunscreen saat Pakai Makeup “Alkohol menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi dapat menyebabkan kulit terlihat pucat, kering, dan lebih mudah berkerut,” kata dokter kulit, Rebecca Marcus.

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, ini mungkin lebih umum.

Selain itu, dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab kepala Anda berdebar-debar setelah terlalu banyak minum koktail.

Hal Paling Penting untuk Melindungi Kulit Wajah dari Polusi Udara Menurut Ahli “Alkohol memicu peradangan, yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di wajah dan pembilasan selanjutnya, yang dapat menjadi permanen jika terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang lama,” catat Marcus.

Ini bisa terlihat seperti kapiler pecah dan bercak merah yang muncul saat Anda minum atau lusa.

Apakah Anda pernah mengalami hangxiety? Tahukah Anda, kecemasan mabuk yang muncul begitu Anda bangun setelah keluar malam? Ini bisa terasa seperti penyesalan, tergesa-gesa untuk membereskan urusan Anda, atau stres seputar kondisi fisik Anda, sakit kepala, perut tidak nyaman.

Tingkat stres ini juga tidak akan membantu kulit Anda.

Faktanya, stres dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum, sehingga meningkatkan risiko berjerawat setelah pesta.

Pernah bertanya-tanya mengapa Anda tidak bisa tidur nyenyak setelah minum? Anda mungkin merasa seperti pingsan selama beberapa jam, tetapi seringkali kualitas tidur Anda terganggu.vAlkohol memengaruhi produksi melatonin alami tubuh Anda dan dapat menyebabkan atau meningkatkan gejala sleep apnea, seperti mendengkur.

Belum lagi, Anda mungkin bangun lebih awal setelah minum, bahkan jika Anda tidur larut malam, berkat ketidakseimbangan gula darah.

“Gula, dan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna menjadi gula, dapat merusak kolagen di kulit dalam proses yang disebut glikasi, di mana kelebihan glukosa di kulit menempel pada protein kolagen dan elastin,” kata Marcus.

“Proses ini menciptakan produk akhir glikasi lanjutan, yang menyebabkan kolagen menjadi kaku dan kulit tampak kurang kenyal,” tambahnya.

Jadi jika Anda memasangkan alkohol pilihan Anda dengan mixer yang dikemas dengan gula, efek ini akan menjadi lebih besar.

Jika Anda bangun dengan wajah sembab atau terutama di bawah mata, Anda tidak sendirian.

“Alkohol dapat menyebabkan retensi air dan wajah bengkak,” kata Marcus, yang dapat berlangsung sepanjang pagi dan bahkan hingga tengah hari.

Namun, ini tidak eksklusif untuk wajah, Anda mungkin melihat tanda-tanda retensi air (seperti bengkak) di seluruh tubuh Anda.

Jadi, jika Anda bangun dengan perasaan atau terlihat lebih kembung dari biasanya, jangan terlalu keras pada diri sendiri—itu akibat langsung dari konsumsi alkohol dan tidak akan bertahan selamanya.

“Untuk beberapa orang yang rawan rosacea, alkohol dapat memperburuk kemerahan, dan menyebabkan potensi kambuh,” kata dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick.

“Selain itu, satu penelitian menunjukkan bahwa asupan alkohol dikaitkan dengan peningkatan risiko rosacea.” Ini karena alkohol dapat memicu peradangan dan “vasodilatasi perifer”, yang dapat menyebabkan kemerahan, kemerahan, dan benjolan, jelas Garshick.

Ada juga hubungan antara eksim yang memburuk dan psoriasis ketika alkohol dikonsumsi.

“Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor berbeda, termasuk pembuluh darah bisa lebih melebar, yang menyebabkan perubahan warna keunguan kemerahan di area bawah mata,” kata Garshick.

Dengan kurangnya tidur berkualitas tinggi, lingkaran hitam Anda mungkin menjadi lebih terlihat di pagi hari setelahnya.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk merawat kulit Anda kembali sehat dan mempercepat pemulihan setelah minum alkohol.

– Minum air: Hal pertama yang harus Anda lakukan di pagi hari setelah minum adalah memasukkan satu (atau dua) gelas besar air ke dalam tubuh Anda.

– Keringkan wajah Anda: Selanjutnya, gunakan roller es dari freezer dan pijat kulit Anda.

Jika Anda tidak memilikinya, Anda juga dapat mencelupkan wajah Anda ke dalam semangkuk air es selama 30 detik sekaligus untuk mendapatkan efek yang sama.

– Gunakan pembersih atau masker enzim: Anda dapat mengeksfoliasi kulit mengelupas kulit keesokan paginya, tetapi dengan sangat lembut.

Salah satu caranya adalah dengan masker enzim atau pembersih enzim.

Ini akan memungkinkan produk pelembab berikut untuk menembus kulit lebih baik dan membuat Anda sedikit bercahaya.

– Pakai serum pelembap + antioksidan: Selanjutnya, oleskan serum asam hialuronat ke kulit lembab dan lanjutkan dengan serum vitamin C.

Kombinasi ini akan membantu mengencangkan kulit, mengisi kembali hidrasi, dan melindungi kulit Anda dari peradangan yang lebih parah.

– Gunakan pelembab yang kaya + SPF: Terakhir, oleskan pelembap dengan bahan-bahan seperti shea butter atau mango butter untuk efek menghaluskan, ceramide, dan minyak nabati seperti squalane, biji anggur, jojoba, bunga matahari, dan rosehip.

Kemudian, aplikasikan SPF favorit Anda untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahar.

MIND BODY GREEN Pilihan Editor: 4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Kulit Kering

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *