4 Langkah Penanganan Polio Menurut Pakar

4 Langkah Penanganan Polio Menurut Pakar

Guru Besar FKUI, Profesor Tjandra Yoga Aditama, menjelaskan empat langkah penanganan polio yang harus menjadi perhatian, menyusul ditemukannya kasus di Purwakarta, Jawa Barat.

“Setidaknya ada empat hal yang perlu dilakukan sekarang ini sebagai respons cepat penemuan kasus polio di Purwakarta,” katanya.

KAI Tetap Wajibkan Penumpang Kereta Pakai Masker dan Vaksin Booster Pertama, perlunya penggalakkan vaksinasi dalam dua bentuk, yaitu outbreak response immunization (ORI) dan vaksinasi massal penduduk.

“Kedua, selain melakukan vaksinasi, pemerintah daerah juga harus melakukan surveilans atau pengamatan yang dilakukan secara terus menerus yang bertujuan untuk menemukan kemungkinan kasus,” jelasnya.

Direktur Pascasarjana Universitas YARSI itu menambahkan surveilans dapat dilakukan melalui dua bentuk yakni surveilans acute flaccid paralysis (AFP) untuk menemukan kemungkinan kasus.

Selain itu, perlu surveilans lingkungan untuk mencari vaccine derived polio virus (VDPV) di lingkungan.

Tingkatkan pengamatanMantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu menambahkan langkah ketiga adalah melakukan penanganan lebih lanjut terhadap pasien yang terkonfirmasi polio.

Keempat, perlu dilakukan pengamatan lebih mendalam di berbagai daerah lain di Indonesia.

Kenali 2 Jenis Penyakit Rabies, Hingga April 2023 Sebabkan 11 Kasus Kematian “Mengingat kini sudah ada laporan dari Aceh dan Purwakarta sehingga perlu dilakukan pengamatan mendalam guna memastikan kondisi di wilayah lain,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, mengatakan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Anak Nasional Polio akan digelar di wilayah Kabupaten Purwakarta menyusul ditemukannya kasus polio di daerah tersebut.

Dia menyebut untuk mengantisipasi munculnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, secara teknis pihaknya telah berkoordinasi dengan perwakilan WHO Indonesia dan Kementerian Kesehatan.

“Kedatangan WHO diharapkan dapat meningkatkan capaian imunisasi di Purwakarta serta pelaksanaan Sub PIN Polio di Purwakarta dapat sukses dengan cakupan lebih dari 95 persen,” harap Norman.

Pilihan Editor: Menteri Kesehatan Dorong Orang Tua Beri Imunisasi Polio Demi Lindungi Masa Depan Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *